Home » Android, Tips dan Trik

Cara Mengatasi Bootloop Android

Submitted by on Apr 1, 2013 – 07:3826 Comments | 52,885 views

Jika anda mempunyai ponsel android, pastinya anda mengenal yang namanya bootloop pada ponsel android. Apa itu bootloop? Bootloop adalah kerusakan pada android sehingga ponsel gagal untuk start up. Ini biasanya ditandai dengan adanya logo android yang terus menerus di ponsel. Jika android anda mengalami hal tersebut, anda tidak perlu panik dan berpikir yang tidak-tidak.cara mengatasi bootloop

Bootloop pada ponsel android bisa disebabkan oleh beberapa factor. Factor yang paling banyak mempengaruhi terjadinya bootloop pada ponsel android adalah karena ponsel android telah di upgrade ke OS yang lebih tinggi. Namun ada juga penyebab yang lainnya. Untuk mengatasi bootloop, kita perlu melakukan hal-hal seperti berikut ini:

Tips mengatasi bootloopcara mengatasi bootloop

  • Menggunakan recovery. Jika anda sudah menginstall aplikasi recovery pada ponsel android anda, mungkin anda bisa menyelamatkan ponsel android anda dari yang namanya bootloop yaitu dengan cara masuk ke recovery mode pada ponsel anda, kemudian flash ROM ponsel atau wipe ponsel android.
  • Cara yang kedua ini adalah menggunakan flash tool secara offline.

–          Download dan install aplikasi Flashtool di PC anda. Anda bisa mendownload aplikasi tersebut di internet dengan kata kunci download flashTool.

–          Jika sudah terinstall, silakan anda colokkan ponsel android anda ke PC melalui kabel USB. Kemudian buka aplikasi FlashTool, klik tombol flash. Tunggu beberapa saat sampai proses yang berjalan sudah 100%.

–          Jika flash berhasil, maka secara otomatis ponsel android anda akan startup dengan sendirinya.

Nah, itulah cara untuk mengatasi bootloop pada ponsel android.

Tags:

Comments for Cara Mengatasi Bootloop Android

26 Comments »

  • Dimas olistha prabowo says:

    Dimas games point blank kesukaan aku sering main di warnet

  • iskak says:

    halo brow.
    mau tanya kalo tablet bootloop itu file yg kesimpen di internal apa bisa di lihat/di slamatkan..???

  • Didi says:

    mlm.
    hp samsung hang cara install ulangnya gmna?….

  • Didi says:

    hp biar gak hang gmna caranya

    • Ahmad says:

      @Didi: Coba jangan install aplikasi yang berat, yang membutuhkan speech yang lebih tinggi dibandingkan kekuatan handphone anda.

  • Rick says:

    mau tanya cara reset Hp nexian a850 kyk gmna ?? yang dijelasin di atas tadi berlaku semua hp ??

  • yudi says:

    saya flashing galaxy fit pakai odin tapi malah muncul tulisan ”partition big size!!” setelah itu flashing berjalan tapi gk ada hasil pdahal sbelum nya bisa :(

  • ANGGA PRASETYO says:

    permisi agan agan , ane bisa minta tolong ya . ..
    htc ane OS nya terhapus semua ,dan ndak tersimpan di backup . akhirnya kaya bootlop gitu ,,, udah ane bawa ke htc senternya katanya ndak bisa harus pakai sofware yg dulu buat ane root , katanya lg klu itu gagal hrus gnti motherboard.. agan agan punya solusi lainkah help me..help me :(

  • indra says:

    gan cara ngatasin bootloop nexian A850 caranya gimana??

  • Angga Ardhinata says:

    Thanks gan, sangat bermanfaat …

  • yadik says:

    hp saya lg l3 e400.mohon bantuannya. sy udh mencoba semua yg anda sarankan,sebelumnya sy sudah pernah mlakukan medium bootloop.tapi skarang spertinya hp sy perlu hardloop sperti yg anda jlaskan tampilan hp hanya ada logo merk hp tulisan lg.
    masalahnya hp tdk bisa tersambung ke komputer untk mlakukan flash tool ato dg superoneclick…

  • junior says:

    Gan hp ane S3 udh di flashing terus ane download game/aplikasi jadi bootloop lgi.
    Mohon saran nya :)

  • andi says:

    ane kan udh punya flash Tool nya,file flash Tool nya udh ane simpan di flashdisk.. trus tinggal ngeflash nya doank.,
    kalo ngeflash nya di warnet bisa nggk yah. mohon jawabannya yak . . . . .??!!

    • Ahmad says:

      @andi: Bisa saja asal PC pada warnetnya normal dan tidak ada virus. Dan juga memiliki speech yang mumpuni untuk dibuat flash.

  • chya says:

    Android ku galaxy tab 2 (gt p3100) tiba2 gak bisa copy atau paste sama sekali,,mohon penjelasan bagaimana cara memperbaiki nya.

    • Ahmad says:

      @chya: Kalau factory default, apakah masih belum bisa mengembalikan fungsi tersebut.

  • zickriel says:

    bro mau tanya nih, ada ga caranya supaya HP yang di wipe data / recovery data d HP ga hilang, misalnya kontak atau pesan.

    terima kasih, kalo ada info bisa hubungi d facebook “zickriel ozmox’s”, atau sms aja ke no q 081952886474

  • junior says:

    Gan mau tanya nih hp saya S3 kena bootloop apakah karena OS nya udh upgrade ke lebih tinggi?, soalnya udh 1 thn lebih nih hp

  • junior says:

    Kalo gk salah sih OS 4.0.0 ice cream sandwich *kalogksalah

  • rafiq says:

    gan, kan nexian a850nya g mw di idupin. idupnya ampe logo android aj. jdi g kebaca device nya . ad cra lain g?

  • 123 says:

    HH bootloop setelah instal CWM, bagaimana solusinya?

  • beni says:

    Misi gan mau nanya nyari firm ware s nexian mi430 ada g ya,hp saya tiap di hdpin cm tmpilan adroid aja,abis itu blank warna biru..saya bwa ke konter kntnya nyari firm ware nya g ada . .

Leave a comment!

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Saya yakin dengan komentar yang akan saya kirim!

Jawaban Kuis Logo Oktomo Level 4 Cara Flashing Oppo Neo 3 Tanpa Pc Cara Memperbaiki Sony Xperia C2305 Botloop Cara Mengatasi Android 4 2 2 Yang Bootloop Cara Mengatasi Android Yang Bootloop Tanpa Flashing ROM Cara Mengatasi Samsung Tab P5100 Bootlop